Jugun Ianfu adalah potret kelam perilaku penjajah Jepang saat menjajah Indonesia, yang susah terhapus dalam catatan sejarah yang mencoreng hak-hak asasi manusia.
Fenomena inipun juga tercermin dalam produk-produk generasi Jepang masa kini yang bernama "sex toys". Saya sangat berharap bahwa Jepang juga mampu menghargai hak-hak wanitanya.
Disisi lain, saya tersentuh dan begitu mengagumi perilaku orang-orang Jepang yang baru masuk Islam (Muallaf). Saya sungguh berharap untuk saudara saudariku (walaupun berbeda bangsa), semoga mereka mendapatkan berkah dan maghfiroh di bulan yang mulia ini.
Hikmah dari semua itu adalah hampir semua negara yang besar memiliki sejarah kelam ketika berangkat menuju kebesarannya, namun itu semua tidak membuat mereka surut dalam mengejar impian mereka. Maka, kita, Indonesia, juga mesti begitu, walau begitu banyak sejarah kelam yang teranjut terekam dalam kehidupan ini, tetap semangat memperbaiki diri, meminta mapunan kepada Alloh SWT dan mengejar cita-cita kita. Lihatlah jepang, begitu banyak sejarah kelam yang telah mereka perbuat, namun mereka mampu menjadi negara Asia yang disegani, maka kita, Indonesia pun bisa seperti itu.
Kebanyakan anak muda zaman sekarang begitu histerianya dengan kebudayaan luar, padahal kebudayaan kuar belum tentu cocok untuk kultur bangsa Indonesia, mengapa tidak kita, generasi muda mempromosikan kebudayaan kita, yang sarat akan norma dan nilai-nilai ke dunia. Kita pasti bisa.

Comments

Popular posts from this blog

Tasawwul (Meminta-minta)