Cerita Ramadhan

Share hari ini;

Dah 3 malam ini, aku ngikutin kegiatan taraweh di berbagai masjid...
Senang banget ngeliat suasana saat ramadhan gini; ceria, rame and spirit nyambut ramadhan... Uaaaahhhh... :-)
Dari 3 taraweh ini, semuanya mengangkat tema mengenai peran masjid lebih daripada perannya sebagai tempat ibadah, salah satu tema yang saya sukai adalah perannya yang multifungsi, khususnya dalam bidang sosial. Weiisss, bagus pak... daripada nunggu yang diatas bergerak, mendingan para marbot juga nyumbang idenya. keren banget tuh...
BENER.... sudah saatnya masjid ikut berperan serta dalam membenahi moral masyarakat saat ini; entah ngadain bazaar buat membantu masyarakat sekitar, or ngadain pesantren kilat or ngebuka perpustakaan, or ningkatin ekonomi dari dalam masjid. Wuiihh.. kalo dipikir2, kayaknya banyak yang bisa dilakuin oleh masjid, apalagi moment ramadhan kayak gini. Ayo para marbot, lebih kreatif and inovatif lagi...
Disatu sisi, para orator ulung yang menyampaikan hal ini ke masyarakat juga keren... Pilihan katanya sangat apik... Nah gini dong..! udah saatnya kita ngebangun bangsa ini secara bersama sama, tidak sendiri sendiri.
Tapi ada satu hal yang harus digaris bawahi. Andaikan masjid ingin dijadikan seperti di masa Rasululloh SAW, maka "pijakannya harus kuat" dalam artian masyarakat juga ngerti tata cara berperilaku dalam masjid, seperti tidak membuang sampah sembarangan. Aku sedikit cerita ya... Tadi, saat aku sholat taraweh, aku ngeliat makmum makan and buang sampahnya sembarangan, padahal khan momentnya sholat taraweh.. Duh.. duh... apa beliaunya yang tidak mengerti atau ilmunya yang belum nyampe. Koq moment sholat taraweh kayak moment piknik aja ya...
Trus, saya sendiri ada request buat para penceramah, saya ingin agar mereka lebih menekankan pada rapatnya shaf-shaf saat sholat (ini khususnya pada jamaah wanita), saya sendiri heran pada saudari-saudari saya ini, disuruh maju koq susah banget, disuruh merapatkan barisan koq susah banget. Di beberapa tempat malah saya temukan bahwa ada shaf yang dijadikan tempat penitipan tas. Nah.. tugas tuh buat para marbot... "bikin pijakan yang kuat"
Saya juga seneng dengan begitu banyaknya perbedaan dalam menjalankan ibadah taraweh. Biar beda2 tapi tetap saling menghargai... Nice..
Tapi sayangnya, begitu jumlahnya udah beda (sering nemuin ketika witir), yang berbeda prinsip ngeloyor keluar sehingga menimbulkan kekosongan dalam shaf, khan agak susah merapatkannya lagi, ditambah lagi efeknya malah menimbulkan moment kehilangan kekhusyukan walau hanya sebentar. Kenapa sih nggak duduk aja walau sebentar, mpe witirnya abis, khan shafnya jadi nggak kosong... (tapi ini cuman opini doang lho, jangan dianggap serius ya)
BTW... semuanya ini adalah fenomena yang sering diliat ketika ramadhan 10 hari pertama berlangsung, but yang jelas mari kita buat ramadhan tahun ini lebih bermakna dari ramadhan tahuntahun sebelumnya

Comments

Popular posts from this blog

Tasawwul (Meminta-minta)