Aku ingin selalu berpikir positif, berbuat positif dan berkata positif.

Memang, manusia adalah makhluk ciptaan Alloh SWT yang paling sempurna. Setiap perbuatan (entah itu perkataan dan tingkah laku) pasti akan membekas. Itu sebabnya, manusia dapat melakukan "perubahan" daripada makhluk lain yang diciptakan Alloh SWT selain manusia.

Manusia adalah makhluk yang istimewa dibandingkan makhluk yang lain. Manusia juga merupakan khalifatullah fil ardhi, mungkin itu sebabnya hanya manusia yang dimintai pertanggungjawaban ketika telah meninggal dunia. Kalo dipikir2, berat juga ya jadi manusia, karena manusia adalah makhluk yang dimana malaikatpun sujud (Kisah penciptaan Nabi Adam As), oleh karenanya, maka sebuah keharusan kalo manusia harus selalu berbuat kebaikan untuk membuat "perubahan" dimuka bumi ini.

Bahkan hal yang kecilpun dapat mengubah suatu keadaan, contohnya berkata-kata positif. Kadang, aku berpikir kalo kata-kata adalah makhluk, soalnya dia bisa mengubah keadaan, hati, bahkan lingkungan sekitar. Hal yang sama sekali tidak bisa dilakukan oleh makhluk lainnya. Kata-kata bahkan mampu mengikat manusia di kehidupan berikutnya. Kata tak bisa ditarik, dia akan terus membekas. Berbeda dengan binatang yang hanya bisa mengeluarkan suara ataupun hantu (ini sih bagi yang percaya aja, kalo saya pribadi nggak percaya adanya hantu)yang hanya bisa mengeluarkan kata-kata "hihihihihiihhhhiiiii" atau "hhuuhuhuhuhuhuuhuhh" Tapi mereka tetap tidak bisa melakukan "perubahan" seperti yang dilakukan manusia (Kalo ngebaca begini, pasti kita merasa geli, kenapa kebanyakan dari kita takut ma hantu ^ ^ )

Hmmm.. yang pasti menjadi manusia itu berat kawan, kita penuh dengan kelebihan yang tak dimiliki oleh makhluk lain, tapi, bukan berarti kita menyerah pada apa yang telah ditakdirkan Alloh SWT pada kita karena kita semua diberi amanat besar.
Ingat lho, hanya manusia saja yang dapat melakukan "perbaikan" setelah mereka melakukan "kesalahan". Tapi itu semua tergantung hati kita.

"Berubah" itu tidak hanya hal-hal besar, tapi hal-hal kecilpun bisa kita lakukan. Kalo kita mampu melihat lebih dalam, mungkin kita bakal kagum dengan karakter Nabi Muhammad SAW, seorang Ummiy yang mampu mengemban tugas sebagai seorang manusia dengan benar. Tul nggak...

Comments

Popular posts from this blog

Tasawwul (Meminta-minta)