Apa sih yang dimaksud dengan 'keadilan'?

Akhir-akhir ini, sering kata-kata keadilan dipertanyakan, mulai dari kasus POLRI vs KPK hingga kasus Mpok Minah dengan 3 biji kopi.
Begitu banyak orang yang menuntut keadilan hingga tatkala keadilan itu tidak datang jua, langit seakan runtuh dan hidup seakan tak berguna lagi.
Nggak selamanya orang-orang yang berada 'di atas' itu benar dan nggak selamanya orang-orang yang berada 'di bawah' itu bersih. Percayalah kawan, tidak sekali dua saya dizhalimi. But, life must go on. Hidup ini terus berputar. Tiada guna bersedih hati.
Namun hendaklah kita selalu waspada dengan amal perbuatan kita sendiri (walau penulis sendiri juga bukanlah orang yang luput dari kesalahan) karena amal perbuatan kitalah yang nantinya akan dimintai pertanggungjawaban di 'HARI PERADILAN (Judgement Day)' nanti.
Jujur saja, tiada yang adil di dunia ini, karena setiap orang punya versi keadilannya sendiri. Tapi, satu hal yang pasti, keadilan "yang sebenarnya" hanya akan didapat pada hari akhir nanti, karena setiap mata, hati, tangan, kaki akan jadi saksi bahkan atas setiap perbuatan yang tidak disaksikan oleh orang sekalipun.
Sebagai seorang muslim, saya percaya dan senang atas apa yang saya percayai ini, karena disitulah letak keadilan Tuhan bagi umatNya.
Betul khan???

Comments

Popular posts from this blog

Tasawwul (Meminta-minta)